Istilah Umum Pada Printer Laser

Istilah Umum Pada Data Sheet Printer Laser
Automatic duplex printing atau mencetak dua sisi kertas sekaligus. Semua printer dibuat untuk mendukung duplex printing. Namun Hanya kata standard duplex dan auto duplex pada data printer yang menunjukkan bahwa printer tersebut memiliki fitur auto duplex yang dilakukan oleh mesin printer. Jika ada kata manual duplex, berarti proses membalikkan kertas dilakukan manual dengan tangan oleh user.

ADF = Automatic Document Feeder
Sebuah alat / perangkat pada bagian atas printer multifungsi yang membantu printer dalam proses scan, copy, dan fax beberapa dokumen secara langsung. Pada printer laser A4, jika terdapat ADF berarti printer tersebut mampu membantu scan/memindai kertas ukuran F4 atau folio. Jika terdapat ADF pada printer hampir dipastikan printer multifungsi tersebut memiliki fitur print,scan,copy, fax. Meskipun terdapat beberapa seri printer berADF namun tak memiliki fitur fax.  

Duty Cycle = jumlah proses kerja maksimal printer dalam sebulan .Duty cycle bisa digunakan untuk pertimbangan printer apa yang akan direkomendasikan kepada target market, setelah mengetahui perkiraan kebutuhan cetak target market dalam sebulan. 

Paper Tray 
Tempat meletakkan kertas sebelum dan setelah  melakukan cetak. Paper tray sebelum kertas di cetak di sebut paper tray input, sedangkan paper tray setelah kertas di cetak disebut paper tray output.

Cassette tray
Salah satu jenis paper tray sebagai tempat meletakkan kertas pada printer yang biasanya berbentuk seperti laci. Rata-rata mampu menampung kertas antara 100-550 lembar

Paper feed tray
Tempat meletakkan kertas pada printer laser untuk jumlah kertas yang tidak banyak. Biasanya digunakan untuk mendukung cassete tray yang sudah ada pada printer laser.

First Print Out / First Page Out
Waktu yang dibutuhkan untuk mencetak dokumen dari mulai perintah print pada komputer hingga hasil cetakan mulai diproses. Waktu nya bisa dipengaruhi oleh procesor dan memory printer, kesiapan jaringan jika digunakan bersama,  OS yang digunakan komputer, dan performa komputer yang digunakan.

Warm up time
Ketika printer diaktifkan, printer laser akan melakukan pemanasan  terlebih dahulu agar siap digunakan. Biasanya waktu yang dibutuhkan antara 5-35 detik, tergantung pada usia printer dan seri printer laser.

Cartridge Toner
Salah satu kompunen consumable pada printer laser yang sangat menentukan jumlah dan hasil cetak.  Secara umum ada dua jenis, toner cartridge yang sudah dilengkapi drum unit dan toner cartridge dengan drum unit yang terpisah.

Toner atau tinta bubuk atau bubuk toner adalah serbuk yang digunakan pada pencetak laser dan mesin fotokopi untuk membentuk cetakan teks dan gambar pada kertas. Pada masa-masa awal, serbuk yang digunakan adalah karbon biasa. Namun, untuk meningkatkan mutu cetakan, bahan yang digunakan adalah campuran karbon dengan polimer. Partikel-partikel pada tinta bubuk meleleh karena panas pada pelebur (fuser), dan kemudian melekat pada kertas.


Page Yields
Jumlah halaman yang bisa dicetak dengan sebuah cartridge printer. Standar yang digunakan dengan asumsi coverage area cetak 5 % pada sebuah halaman kertas A4.

Maximum Resulution
Resolusi cetak maksimal printer yang mampu dicapai. Resolusinya biasanya berkisar 600 x 600 dpi sampai 2400 x 2400 dpi. Untuk printer laser monokrom biasanya hanya maksimal di 1200 x 1200 dpi. Sedangkan printer laser warna standar bisa lebih dari itu dan bisa diinterpolasi atau dikembangkan dengan aplikasi tertentu hingga 9600 x 2400 dpi.

dpi = dot per inch
dpi digunakan untuk menggambarkan jumlah resolusi titik per inci dalam cetak digital dan resolusi pencetakan kertas, yang merupakan peningkatan ukuran dari titik-titik halftone selama pencetakan. Hal ini disebabkan oleh penyebaran tinta/toner pada permukaan media.

ppm = pages per minute
Biasanya digunakan untuk menunjukan kecepatan cetak/print sebuah perangkat printer dalam satu menit. Ukuran kertas yang digunakan untuk acuan biasanya ukuran letter atau A4, tergantung pada produk dan produsennya.  Meskipun tidak sedikit juga yang menggunakan untuk menunjukkan kecepatan scan, copy, maupun fax.

ipm = images per minute
biasanya digunakan untuk menunjukkan kecepatan scan perangkat printer berscanner dalam satu menit. Ukuran kertas yang digunakan untuk acuan biasanya ukuran letter atau A4.

cpm = copies per minute
biasanya digunakan untuk menunjukan kecepatan copy/salin sebuah perangkat printer maupun copier dalam satu menit. Ukuran kertas yang digunakan untuk acuan biasanya ukuran letter atau A4, tergantung pada produk dan produsennya.

ppm ISO = pages per minute ISO
sama dengan ppm, hanya saja pada ppm ISO pengujian kecepatan cetak printer dilakukan oleh pihak luar produsen yang berwenang untuk melakukan pengujian printer sesuai dengan standar internasional dan mengeluarkan sertifikat tentang kemampuan sebuah printer.

No comments:

Powered by Blogger.